Modifikasi Kamera Smartphone Untuk Fotografi Makro

Modifikasi Kamera Smartphone Untuk Fotografi Makro. Menjamurnya smartphone akhir – akhir ini tentunya membuat para vendor smartphone untuk berlomba – lomba membuat perangkat yang memiliki fitur dan harga yang menarik bagi konsumen. Salah satu fitur yang sering dijadikan unggulan oleh vendor adalah kamera.
Para vendor berlomba – lomba membuat kamera sebagus mungkin yang tujuannya untuk menyasar konsumen yang gemar selfie ataupun fotografi. Saat ini sudah banyak vendor yang produknya sudah disematkan kamera berkualitas tinggi, bahkan hasil gambarnya bisa disandingkan dengan kamera digital. Berbagai teknik fotografi yang lazim diterapkan pada kamera digital ini dapat kita terapkan pada kamera smartphone kita.
Salah satunya adalah teknik fotografi makro, namun tentu saja kita harus melakukan “sesuatu” agar smartphone kita dapat digunakan untuk fotografi makro.  Nah, bagi temen – temen yang gemar fotografi makro, berikut ini artikel tentang modifikasi kamera smartphone untuk fotografi makro.

Tentang kamera smartphone

Pada dasarnya kamera pada smartphone tidak berbeda dengan kamera digital yang lazim kita temui. Namun, mengingat kamera pada smartphone bukan merupakan fungsi utama, tentu saja kamera pada ponsel memiliki keterbatasan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan kamera digital. Salah satu keterbatasan kamera ponsel adalah lensa.
Pada kamera ponsel, lensa yang dipasangkan adalah lensa yang biasanya digunakan untuk dokumentasi kegiatan atau portrait. Namun jangan khawatir, pada saat ini sudah banyak beredar lensa tambahan yang bisa meningkatkan fungsi kamera ponsel teman – teman seperti lensa zoom tambahan yang dapat menjadikan kamera ponsel kita memotret dengan jarak yang jauh.
Bahkan vendor yang sudah dikenal di dunia optik kamera digital juga mulai merambah ke ranah lensa untuk ponsel ini. Yang perlu diperhatikan dari lensa tambahan ini adalah, pada saat ini lensa yang beredar memiliki berbagai varian harga yang tentunya dengan kualitas yang berbeda pula. Jangan tergiur dengan harga murah, karena lensa yang buruk akan membuat performa kamera ponsel kita menjadi lebih buruk daripada aslinya.
modifikasi kamera smartphone untuk fotografi makro
Foto close up batu yang diambil dengan smartphone tanpa bantuan / tambahan alat apapun

Fotografi makro dengan smartphone (modifikasi kamera smartphone untuk fotografi makro)

Seperti yang sudah saya tulis di atas bahwa kamera ponsel memiliki keterbatasan, terutama pada lensa. Oleh karena itu, untuk dapat membuat foto makro dengan kamera ponsel, kita harus menggunakan lensa tambahan yang berfungsi untuk memperpendek jarak fokus kamera dan memperbesar obyek sehingga mencapai rasio setidaknya 1:1.
Lensa tambahan ini banyak dijual sepaket dengan lensa wide. Namun, seperti yang saya tulis di atas, harga lensa yang berkualitas relatif cukup mahal, namun jangan khawatir, kita dapat menggantinya dengan lensa bongkaran (lensbong) dari peralatan optik yang gampang kita dapatkan di sekitar kita serta memiliki harga yang terjangkau. Nah, berikut ini beberapa peralatan optik yang dapat kita manfaatkan untuk melakukan modifikasi kamera smartphone untuk fotografi makro pada kamera ponsel kita.

1. Lensa okuler mikroskop

Lensa jenis ini cukup mudah kita temukan di toko – toko peralatan laboratorium. Jika susah, pada toko – toko online cukup banyak penjualnya. Untuk menggunakan lensa okuler ini menjadi lensa makro ponsel, kita harus membongkarnya terlebih dahulu. Yang kita gunakan adalah lensa cembung pada lensa okuler ini.
Biasanya pada sebuah okuler mikroskop terdapat 2 buah lensa, nah kita dapat menggunakan salah satunya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Lensa dapat kita ikat dengan cable ties dan karet celana agar mudah digunakan pada smartphone kita. Perlu diketahui bahwa okuler mikroskop ini memiliki beberapa ukuran perbesaran, kita dapat memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita.

2. Lubang intip pintu / door viewer

Lubang intip pintu / doorviewer yang biasa dipasang di pintu – pintu hotel /  pintu depan rumah ini juga dapat kita manfaatkan untuk melakukan modifikasi kamera smartphone untuk fotografi makro. Sama seperti pada lensa okuler, kita harus membongkar terlebih dahulu lubang intip pintu ini untuk mengambil lensa cembungnya. Setelah itu, kita tinggal memasang karet dan cable ties, atau jika mau, kita dapat membuat housingnya dari bahan – bahan yang ada. Berikut ini contoh cara membuat lensa makro dari lubang intip pintu.

3. Lensa kamera / camcorder bekas

lensbong makro smartphone
Contoh lensa bongkaran yang diambil dari kamera digital yang sudah rusak
Lensa dari kamera bekas ini merupakan lensa yang paling sering digunakan dalam modifikasi kamera smartphone untuk fotografi makro. Hal ini tentu saja tidak lepas dari kualitas lensa yang memang dirancang untuk kebutuhan fotografi.
Lensa dari kamera bekas ini sudah dilapisi coating yang berfungsi untuk mengurangi distorsi yang diakibatkan oleh cahaya. Selain itu, harganya juga cukup murah. Di pasar loak, kamera pocket film bekas dapat kita tebus dengan harga kurang dari 50 ribu rupiah, tergantung cara kita menawar tentu saja, hehehehe.
Tips dari saya jika membeli kamera bekas ini adalah, carilah yang rusak, dekil, tapi lensanya masih mulus. Biasanya dengan kondisi seperti ini penjual akan melepas dengan harga yang cukup murah. Bagi yang bingung, di lapak – lapak online sudah banyak yang menjual lensa yang sudah dimutilasi dari kamera, sehingga kita tinggal memberi tali. Atau bagi yang bener – bener bingung, ada juga kok yang menjual lensa bongkaran kamera siap pakai. Berikut ini salah satu contoh cara mengambil lensa kamera untuk dijadikan lensa makro.

Contoh Hasil Fotografi Makro dengan Smartphone

Bagaimana teman – teman? Cukup menarik dan cukup mudah kan? Jadi bagi teman – teman yang ingin belajar fotografi makro tapi tidak punya kamera digital / lensa makro, teman – teman dapat menggunakan kamera ponsel teman – teman untuk berkreasi. Oh iya, sebenernya 3 perangkat optik diatas hanya sebagian dari perangkat optik yang bisa kita modif untuk menjadi lensa makro.
Di luar itu masih ada banyak benda optik yang bisa kita manfaatkan seperti teleskop bekas / rusak, kaca pembesar, dan sebagainya. Yang penting adalah benda tersebut berfungsi sebagai kaca pembesar. Silakan teman – teman bereksplorasi sesuai ketersediaan bahan. Di bawah ini beberapa foto makro yang saya ambil dengan ponsel saya dan dengan tambahan lensa bongkaran dari kamera film jadul seharga 30 ribu rupiah, hehehehe.

fotografi dengan smartphone
Hasil jepretan dengan smartphone dan lensa bongkaran
foto makro smartphone
Pucuk obeng difoto dengan kamera smartphone dan lensa bongkaran
hasil foto fotografer
Siput, difoto dengan smartphone dan lensa bongkaran kamera film jadul
hasil foto makro
Lalat difoto dengan smartphone
Oke, saya rasa cukup sekian artikel Modifikasi Kamera Smartphone Untuk Fotografi Makro. Semoga bermanfaat bagi teman – teman sekalian. Jika ada saran, kritik, tambahan silakan teman – teman tuliskan pada kolom komentar di bawah ini.
Terima kasih telah berkunjung ke tukangpotogadungan.com. Jika ada kesalahan saya mohon maaf, terima kasih dan salam jepret..

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *