Menikmati indahnya Gunung Ijen

Gunung ijen merupakan salah satu obyek wisata berupa gunung yang berada di ujung Timur Pulau Jawa. Tepatnya berlokasi di berbatasan wilayah Kabupaten Banyuwangi dengan Kabupaten Bondowoso. Gunung ini terkenal dengan fenomena blue fire dan tambang belerang. Gunung ini menjadi semakin terkenal hingga mancanegara setelah dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan ajang balap sepeda internasional Tour de Ijen yang diikuti oleh pembalap Indonesia dan mancanegara.

Patok batas Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso

 

Tanda menuju puncak Ijen

 

pemandangan dari lereng Gunung Ijen
Menjelang terbitnya matahari

 

Pemandangan gunung lain dari lereng Gunung Ijen
gunung ijen
Kawah Gunung Ijen

 

Ijen dan Belerang

Gunung Ijen merupakan gunung api aktif dimana pada kawahnya terdapat lapisan belerang. Belerang itulah yang menimbulkan fenomena blue fire di kawah Ijen. Selain itu, belerang tersebut juga ditambang oleh masyarakat sekitar, dan merupakan salah satu mata pencaharian utama masyarakat sekitar Gunung Ijen.

Kerajinan Belerang
Penjaja kerajinan dari belerang

 

Setiap hari para penambang belereng harus bertaruh nyawa untuk mengambil belerang dari kawah Gunung Ijen, untuk kemudian diangkut dengan menggunakan pikulan. Mereka berangkat dari kaki gungung pada pagi buta untuk menuju ke dalam kawah Ijen. Para penambang biasanya melewati terjal dan licinnya bebatuan di kawah Ijen dengan memikul belerang tidak kurang dari 60 kg untuk sekali angkat. Rata – rata para penambang dapat mengambil hingga 3 kali angkatan setiap harinya dengan upah Rp. 1000,- untuk setiap kilogramnya.
penambang belerang ijen
Penambang belerang

 

kawah ijen
Berjibaku melewati licinnya bebatuan

 

Seorang penambang bersiap melewati tanjakan yang terjal dan licin.

 

Penambang membawa hasil tambangannya dari kawah Ijen ke kaki Gunung yang berjarak kurang lebih 3 kilometer

 

Masalah Vandalisme di puncak Gunung Ijen

Seperti halnya pada tempat wisata alam populer lainnya. Gunung Ijen juga tidak lepas dari masalah vandalisme. Ada beberapa titik di dekitar puncak Ijen yang menjadi korban tangan – tangan jahil. Banyak coretan dari cat kaleng semprot yang mengotori bebatuan besar di sekitar kawasan puncak Ijen.
Vandalisme di puncak Ijen

 

Ulah tangan – tangan tidak bertanggung jawab

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *