Belajar Teknik Fotografi : Membuat Background Blur ( Bokeh ) Itu Mudah

Posted on

Belajar Teknik Fotografi : Membuat Background Blur ( Bokeh ) Itu Mudah. Fotografi adalah salah satu cabang seni yang kini tengah digandrungi oleh berbagai kalangan di Indonesia. Penyebabnya tentu tidak lain karena berkembangnya teknologi kamera terutama kamera pada ponsel yang membuat kamera menjadi jauh lebih mudah untuk digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Selain itu, dengan berkembangnya teknologi kamera membuat harga kamera menjadi lebih terjangkau. Tentunya hal ini bagus untuk teman –teman yang ingin mendalami dunia fotografi. Nah pada artikel kali ini, saya akan mencoba menulis tentang belajar membuat foto  dengan background blur (bokeh). Berikut artikel singkat dari saya.

baca juga : Artikel Belajar Fotografi : Mengenal Segitiga Exposure

Pengertian Bokeh

Ada banyak teknik dan istilah dalam dunia fotografi. Salah satunya adalah bokeh. Bokeh merupakan istilah yang diambil Bahasa Jepang. Secara bahasa, arti bokeh sendiri adalah blur / buram. Dalam dunia fotografi, foto bokeh adalah blur pada background / foreground.

Bokeh dapat menambah keindahan dan juga dapat mengurangi nilai keindahan dari suatu foto. Jadi, kita harus tepat menggunakan / menempatkan bokeh dalam karya kita. Sebagai contoh, pada foto portrait, biasanya bokeh akan menambah keindahan, karena pada karya tersebut, obyek akan tampak jelas dan menonjol, dan background / foreground akan terlihat blur.

Namun sebaliknya, pada fotografi landscape (misal foto pemandangan gunung), bokeh dapat merusak suasana foto, karena foto landscape biasanya akan lebih menarik jika seluruh frame terlihat jelas / tajam. Jadi sekali lagi, bokeh dapat membuat foto menjadi indah, namun juga dapat merusak hasil foto.

baca juga : Mau Belajar Fotografi? Kenali Dulu Bagian Kamera dan Fungsinya

Cara Membuat Background Blur (Bokeh) Pada Foto

Sebenarnya, bokeh terjadi karena lensa hanya berfokus pada obyek. Dalam settingan tertentu, hal ini menyebabkan area lain yang jauh dari obyek menjadi tidak fokus, dan terjadilah bokeh. Namun, karena bokeh bisa membuat gambar menjadi bagus dan juga menjadi kacau, kita harus mempelajari settingan kamera (dalam hal ini lensa) kita agar kita dapat mengatur kapan bokeh muncul dan kapan harus tidak ada bokeh. Berikut ini beberapa cara untuk membuat bokeh.

  • Jarak Obyek Dengan Background

Lensa mempunyai prinsip kerja yang sama dengan mata. Jadi, untuk dapat melihat / memotret gambar dengan jelas, maka titik fokus lensa harus tepat pada obyek. Apabila obyek dan background cukup jauh, maka kemungkinan besar salah satu akan menjadi blur. Jadi, cara pertama untuk membuat bokeh adalah, jauhkan obyek dengan background, kemudian fokuskan kamera pada obyek.

membuat background blur
Jarak daun sebagai obyek utama dengan background yang cukup jauh membuat latar belakang menjadi blur dan indah (gambar : canon-asia.com)
  • Bukaan / Diafragma Lensa

Diafragma lensa juga memiliki andil yang besar dalam terjadinya bokeh. Bukaan diafragmya yang lebar akan membuat daerah fokus (depth of field) pada foto menjadi sempit sehingga akan timbul bokeh. Jadi, gunakan bukaan lebar jika ingin membuat bokeh, sebaliknya, jika ingin membuat foto dengan ruang tajam yang luas, gunakan bukaan diafragma yang kecil.

cara foto bokeh dengan lensa kit
Bukaan diafragma yang terlalu lebar akan membuat area tajam menjadi terlalu sempit dan membuat gambar susah fokus Sumber
  • Olah Digital

Dewasa ini program pengolah gambar secara digital sudah sangat banyak dan mudah kita temui. Banyak aplikasi di smartphone yang dapat membuat membuat background blur (bokeh) pada foto. Namun tentunya banyak juga yang kelihatan jika bokehnya hanya editan, hehehe. Bagi para profesional, biasanya mereka akan membuat background / foreground bokeh dengan cara melakukan penumpukan foto asli dengan foto asli yang sudah diblur.

Namun demikian jika kita membuat background blur (bokeh) dengan rekayasa olah digital biasanya tidak sebagus yang aslinya. Terlebih lagi jika editingnya kurang rapi, maka tentunya hasil fotonya tidak terlalu bagus.

Teknik Membuat Background Blur (Bokeh) PadaMalam hari

Akhir – akhir ini banyak yang tertarik membuat foto bokeh malam hari. Memang pada malam hari, kerlap- kerlip lampu dapat menjadi background yang menarik. Oleh karena itu banyak yang penasaran cara membuat backgound blur (bokeh) pada malam hari.

Sebenarnya tekniknya sama dengan yang sudah saya utarakan di atas. Kita hanya bermain dengan jarak obyek dengan latar belakang dan juga mengatur diafragma ke bukaan yang lebar. Lebarnya seberapa? Itu tergantung dengan kondisi yang ada.

Gampangnya kita lakukan trial dan error atau coba- coba berbagai settingan sampai sesuai dengan keinginan kita. Namun, biasanya bokeh dapat dengan mudah kita buat dengan bukaan diafragma f 2,8 atau lebih lebar. Yang terpenting adalah, kita harus melakukan pemotretan dimana terdapat lampu yang cukup banyak dan terang sebagai latar belakangnya.

Pendaran lampu yang ditangkap secara kabur oleh lensa tersebutlah yang membuat bokeh menjadi menarik.

foto bokeh malam hari
Lampu dapat menjadi bokeh yang menarik jika dipotret dengan pas (gambar : http://favim.com)

Saya rasa cukup sekian dulu artikel mengenai teknik membuat background blur (bokeh) pada foto bagi pemula. Jika ada hal – hal yang salah atau kurang berkenan, saya mohon maaf. Terima kasih sudah berkunjung di tukangpotogadungan.com, salam jepret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *