Ada apa di Kota Cirebon? Nyobain Wisata dan Kuliner Khas

Posted on

Kota Cirebon memiliki beberapa pesona yang menjadi daya tarik tersendiri di kota pesisir ini. Ada beberapa tempat yang sebaiknya anda kunjungi jika berada di kota ini. Mulai dari wisata sejarah hingga kuliner dapat kita kunjungi. Namun sayang, pada saat berkunjung ke kota yang dikenal sebagai penghasil Udang Rebon dan terasi ini, saya hanya dapat mengunjungi beberapa tempat saja.

Stasiun Kota Cirebon

Perjalanan saya dimulai dari Ibu Kota Jakarta. Dari Jakarta, kita dapat menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk menuju ke Cirebon. Saya bersama rombongan menggunakan kereta api untuk menuju ke Kota Cirebon. Ada banyak kereta dengan kelas mulai ekonomi hinggga eksekutif yang dapat kita gunakan untuk menuju kesini. Ya memang hampir semua kereta dari Jakarta tujuan ke timur (Jawa Tengah, Jogja, dan Jawa Timur) berhenti di stasiun Cirebon. Jadi untuk transportasi sangat mudah dan beragam pilihannya.

Perjalanan diawali dari Stasiun Kota Cirebon
kota cirebon
Pemandangan Kota CIrebon dari ketinggian

Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon merupakan salah satu daerah yang merupakan wilayah kerajaan. Seperti halnya Jogja dan Solo, saat ini keraton Cirebon masih ada dan masih aktif. Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Cirebon karena saat ini keraton di Indonesia yang masih aktif (ada rajanya) dapat dihitung dengan jari.

Keraton Cirebon sendiri juga mengalami perpecahan seperti halnya Mataram yang pecah menjadi Kasultanan Ngayogjakarta dan Kasunanan Solo. Di Cirebon terjadi perpecahan yang mengakibatkan ada 2 kerajaan disini yaitu Kasepuhan dan Kanoman. Letak kedua kerajaan ini berdekatan, hanya beberapa kilometer saja.

keraton kasepuhan cirebon
Halaman depan Keraton Kasepuhan Cirebon
kota cirebon
Gapura Lonceng Keraton Kasepuhan Cirebon, dulu disini terdapat lonceng yang tergantung di langit – langit gerbang ini
langgar agung cirebon
Langgar Agung. Tempat ini merupakan tempat beribadah warga keraton (langgar = musholla)
keramik keraton kasepuhan
Yang unik dalam bangunan Keraton Kasepuhan Cirebon ini adalah, adanya keramik – keramik dari Cina yang ditempel sebagai ornamen pada dinding – dinding keraton

Museum Pusaka dan Sumur Kamandungan Keraton Kasepuhan Cirebon

Di dalam kompleks keraton ini, terdapat sebuah museum yang menyimpan pusaka dan benda – benda lain milik kerajaan. Di depan museum ini terdapat sebuah sumur yang dipagar dengan pagar besi. Sumur ini bernama sumur kamandungan. Dulu, sumur ini digunakan untuk membersihkan / mencuci senjata yang digunakan oleh para prajurit setelah latihan / gladi.

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon
sumur kamandungan
Sumur Kamandungan, tempat para prajurit mengambil air untuk membersihkan senjata dan peralatan perang seusai berlatih

Nasi Jamblang, Empal Gentong, Empal Asem, Kuliner Khas Kota Cirebon

Mengunjungi suatu tepat tentunya kurang afdol jika tidak mencicipi kuliner khas nya. Nah di Kota Cirebon ini ada Nasi Jamblang dan Empal Gentong, Empal Asem sebagai kuliner khas. Nasi Jamblang merupakan kuliner yang memiliki keunikan karena nasinya dibungus dengan daun jati. Nasi Jamblang ini disajikan dengan pilihan aneka macam lauk mulai dari olahan telur hingga daging.

Sedangkan Empal Gentong dan Empal Asem sebenarnya masakan yang sejenis. Yang membedakan antara Empal Gentong dan Empal asem adalah, Empal Gentong menggunakan santan sedangkan Empal Asem tidak. Citarasanya gurih segar, kalau menurut saya sih mirip-mirip dengan soto.

empal gentong cirebon
Empal Gentong merupakan salah satu kuliner khas cirebon yang wajib untuk dicoba
Bagi anda yang tidak mengkonsumsi santan, jangan khawatir, ada empal asem yang juga merupakan kuliner khas Kota Cirebon

Itulah beberapa gambar yang saya abadikan dengan kamera saya selama berada di Kota Cirebon.  Saya rasa masih banyak hal yang belum saya coba di sana. Salah satunya adalah wisata pantai. Mudah – mudahan pada kesempatan lain, saya dapat mengeksplor lebih lanjut kota ini. Terima kasih telah berkunjung di tukangpotogadungan.com. Salam Jepret.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *