canon_powershot_sx740_hs

Kumpulan Kamera Superzoom yang Jadi Pesaing Berat Canon PowerShot SX740 HS

Posted on

Kumpulan Kamera Superzoom yang Jadi Pesaing Berat Canon PowerShot SX740 HSKenal banget kan dengan brand Canon? Baru – baru ini Canon telah umumkan kehadiran kamera compact terbarunya yang diberi nama sebagai “PowerShot SX740 HS”. Kamera terbaru milik Canon tersebut digadang – gadang bakal jadi salah satu kamera terbaik di pangsa pasar gadget dunia. Bagaimana tidak, kamera penerus PowerShot SX740 HS tersebut membawa sensor terbaik dengan resolusi 20.3MP juga lensa yang berkemampuan zoom Optical 40 kali, atau setara dengan 24 mm – 960 mm. Ngomong – ngomong tentang harga, PowerShot SX740 HS sudah pasti akan dibanderol dengan harga mahal.

Tetapi demikian, ternyata produsen kamera lainnya juga punya produk dengan banderol harga yang lebih terjangkau, dan dengan spesifikasi yang serupa lho. Penasaran? Berikut ini adalah kumpulan kamera superzoom terbaik yang bakal jadi pesaing berat dari kamera Canon PowerShot SX740 HS. Mari simak ulasan selengkapnya.

Kumpulan Kamera Superzoom yang Jadi Pesaing Berat Canon PowerShot SX740 HS

Panasonic Lumix DMC-TZ90

kamera pocket
Kamera Panasonic Lumix DMC-TZ90 gambar : ephotozine.com

Daftar kamera superzoom pertama yang jadi pesaing berat Canon PowerShot SX740 HS bisa Anda pilih adalah Panasonic Lumix DMC-TZ90. Ini merupakan salah satu jenis kamera compact zoom travel terbaik 2018, layak banget untuk Anda miliki. Karena kamera tersebut memang khusus di pasaran sebagai salah satu jenis kamera compact zoom travel, sehingga Panasonic telah membekalinya dengan sensor BSI-CMOS yang berukuran ½.3 inch dan beresolusi 20MP. Lensa yang dihadikan pada kamera ini punya kemampuan zoom optical hingga 30 kali, atau setara dengan 24 mm – 720 mm untuk dapat mencakup rentang bidang pandang yang lebih luas. Jadi, jenis kamera ini akan sangat cocok untuk abadikan momen di kondisi apapun pada saat bepergian.

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh kamera Panasonic dibandingkan jenis kamera Canon PowerShot SX740 HS ini adalah adanya lubang intip elektronik pada bagian kiri atas body, yang nanti akan semakin memudahkan Anda dalam membidik di bawah teriknya paparan sinar matahari. Layar 3 inch yang dimilikinya pun bisa ditekuk hingga sekitar 180 derajat, dan sudah pakai panel sentuh yang bakal mempermudah pemilihan titik fokus dan pengoperasian menu pengaturan. Lalu untuk harganya sendiri, kamera yang memiliki kemampuan merekam 4K tersebut dibanderol sekitar Rp 5.7 juta rupiah.

baca juga : 5 Tips membeli kamera DSLR bagi pemula

Nikon Coolpix A900

Nikon Coolpix A900, gambar : ephotozine.om

Selanjutnya ada kamera superzoom terbaik 2018 yang jadi pesaing berat Canon PowerShot SX740 HS tak kalah apiknya, yakni Nikon Coolpix A900. Kamera tersebut hadir dengan body yang sangat ramping dan menarik. Sepertinya Nikon benar – benar berhasil sembunyikan lensa Nikkor yang memiliki kemampuan zoom optical hingga 35 kali, atau setara dengan 24 mm – 84 mm ke dalam kamera ini. Walaupun menyimpan lensa dengan rentang zoom yang sangat panjang, akan tetapi kamera Coolpix A900 punya body yang sangat ramaping untuk dimasukkan dalam kantong dengan nyaman.

Berbicara mengenai performa, jenis kamera ini sudah dilengkapi dengan sensor BSI-CMOS ukuran ½.3 inch dan resolusi 20MP. Tak hanya menghasilkan foto yang lebih berkualitas, kamera pesaing Canon PowerShot SX740 HS tersebut ternyata juga bisa merekam video dengan resolusi maksimum 4K atau 2160p pada kecepatan 25 atau 30 frame per detiknya. Masih sama seperti kamera Canon PowerShot SX740 HS, untuk jenis kamera ini juga punya layar LCS yang bisa ditekuk hingga 180 derajat untuk foto selfie, atau pun vlogging. Layar tersebut pun tak dibuat dengan panel sentuh. Untuk bisa mendapatkan jenis kamera ini, Anda harus mengeluarkan budget sekitar Rp 5.5 juta rupiah.

Nikon Coolpix S9900

kamera digital terbaik
Nikon Coolpix S9900, gambar : techradar.com

Sama halnya dengan jenis kamera Nikon di atas, untuk Coolpix S9900 ini ternyata juga membawa sensor CMOS berukuran ½.3 inch. Akan tetapi resolusi yang dihadirkan pada kamera tersebut jauh lebih kecil, yakni sekitar 16MP dan memiliki kemampuan merekam video sangat terbatas pada resolusi 1080p. Rentang zoom opticalnya sendiri juga sangat pendek, yakni sekitar 30 kali atau setara dengan 25 mm – 750 mm.

Untungnya, jenis kamera Nikon Coolpix S9900 tersebut masih memiliki layar vari angle seperti yang biasanya disematkan Canon pada lini kamera DSLR kelas menengah. Desain layar yang dihadirkan tersebut mampu memberikan fleksibilitas secara penuh kepada para penggunanya untuk mengambil foto, atau pun merekam video dari sudut mana pun. Untuk bisa mendapatkan jenis kamera Nikon yang satu ini Anda hanya perlu menyediakan budget sekitar Rp 8 juta rupiah saja.

baca juga : Artikel : Belajar Fotografi Makro Bagi Pemula

Sony CyberShot WX500

Sony WX500 gambar : ephotozine.com

Bisa dibilang Sony CyberShot WX500 merupakan jenis kamera superzoom yang paling kecil. Memang pada saat kali pertamanya diriliskan, Sony CyberShot WX500 ini menyandang predikat sebagai kamera superzoom yang memiliki body terkecil di dunia. Walaupun demikian, jenis kamera tersebut berbekal lensa Zeiss dan memiliki kemampuan zoom 30 kali atau setara dengan 204 – 720 mm, serta sensor BSI-CMOS ukuran ½.3 inch dengan resolusi 18MP.

Untuk bisa mengakomodasikan kebutuhan para penggemar foto selfie, dan juga penggelut vlog, jenis kamera WX500 ini sudah dilengkapi pula dengan layar yang bisa ditekuk hingga 180 derajat. Akan tetapi layar yang digunakannya tersebut bukanlah panel sentuh, dan kemampuan rekam videonya juga sangat terbatas sekali, yakni pada resolusi 1080p, tentu saja yang demikian ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Canon PowerShot SX740 HS.

Meminjam fitur desain dari jenis kamera compact premium yakni RX100, fungsi cincin lensa yang dimiliki kamera Sony CyberShot WX500 tersebut masih bisa disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Untuk bisa mendapatkan jenis kamera ini, Anda harus siap keluarkan budget sebanyak Rp 4 juta rupiah.

Sony CyberShot HX90V

digital camera
Sony HX90V, gambar ; teds.com.au

Jenis kamera superzoom terakhir yang masih dalam daftar kamera superzoom terbaik 2018 pesaing berat Canon PowerShot SX740 HS, adalah Sony CyberShot HX90V. Ini merupakan RX mini dengan zoom yang lebih panjang. Kamera yang dibuat oleh produsen Sony satu ini jika dilihat secara detail sebetulnya memiliki banyak sekali kesamaan dengan kamera CyberShot WX500. Dimana sensor yang disematkan di dalam kamera Sony tersebut bertipe BSI-CMOS dengan ukuran ½.3 inch, dan punya resolusi 18MP. Tak hanya itu, lensanya ternyata juga memiliki kemampuan zoom hingga 30 kali, atau setara dengan 24 mm – 720 mm.

 

Layar yang digunakan oleh kamera Sony CyberShot HX90V ini juga sama dengan Sony CyberShot WX500 yang sama – sama berukuran 3 inch, bisa ditekuk hingga 180 derajat, dan bukanlah panel sentuh. Akan tetapi ada satu kelebihan yang bisa dijumpai pada Sony CyberShot HX90V dibandingkan dengan saudaranya itu atau pun Canon PowerShot SX740 HS. Sama dengan lini kamera compact premium RS100, jenis kamera tersebut berbekal lubang intip elektronik dengan desain pop-up. Kamera Sony CyberShot HX90V dibanderol harga sekitar Rp 5.1 juta rupiah.

Demikianlah kumpulan kamera superzoom yang jadi pesaing berat Canon PowerShot SX740 HS. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *