Mengenal Jenis – jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis – jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis – jenis Lensa Kamera Beserta Fungsinya. Halo…, salam jumpa lagi di tukangpotogadungan.com. Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, kebahagian dan juga kelancaran rezeki oleh Yang Maha Kuasa.

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah lensa kamera. Ya, karena pada semua kamera (kecuali kamera lubang jarum) pasti menggunakan perangkat lensa.

Pada artikel kali ini, saya akan mengangkat tema mengenai jenis lensa kamera dan juga fungsinya. Berikut ini artikelnya.

Kegunaan / Fungsi Lensa Kamera

Lensa kamera adalah sebuah perangkat optik yang terdiri dari susunan beberapa lensa dengan bentuk dan ukuran tertentu.

Fungsi lensa pada kamera sama seperti fungsi lensa pada mata. Perangkat ini berfungsi untuk memfokuskan pantulan cahaya dari obyek agar dapat tepat ditangkap oleh sensor /film pada kamera.

Jadi, lensa memiliki peran penting pada sebuah kamera agar dapat menghasilkan gambar yang tajam.

baca juga : Yuk Kita Belajar Mengenal Sejarah Fotografi

Jenis – jenis lensa kamera

Ada beberapa kriteria yang digunakan untuk membedakan jenis lensanya. Berikut ini jenis – jenis lensa yang dibagi berdasar kriteria tertentu.

Jenis Lensa Berdasarkan Fungsi Zoom

Lensa Fix / Prime

jenis lensa kamera

Lensa fix 50mm, salah satu jenis lensa kamera yang populer dikalangan fotografer

Jenis lensa ini merupakan lensa yang tidak dapat dizoom. Fungsi zoom sendiri merupakan salah satu fitur yang ada pada lensa kamera yang berguna untuk merubah focal length pada lensa.

Jadi untuk lensa prime atau fix ini, untuk melakukan zoom atau menangkap gambar agar lebih besar, kita harus mendekat ke arah obyek.

Kelebihan lensa tipe ini adalah, kualitas gambarnya lebih baik. Terutama pada segi ketajaman gambar. Kualitas gambar yang dihasilkan dari lensa fix ini lebih tajam.

Selain itu, biasanya lensa ini memiliki bukaan / apertur yang lebar. Oleh karena itu, lensa ini sangat membantu untuk motret di dalam kondisi kurang cahaya. Tentu saja dengan bukaan aperture / diafragma yang lebar, membuat lensa ini sangat ideal untuk pecinta bokeh.

Sedangkan untuk kekurangan lensa tipe fix ini adalah tidak praktis. Tentu saja, karena sebuah lensa fix hanya memiliki 1 focal length. Jadi, jika memerlukan focal lenght yang beragam, kita harus membawa banyak lensa fix yang tentunya tidak praktis dan ekonomis.

baca juga : Belajar Teknik Fotografi : Membuat Background Blur ( Bokeh ) Itu Mudah

Lensa Zoom

jenis lensa dslr

Contoh lensa zoom yang memiliki focal length 70-300 mm

Jenis lensa zoom merupakan lensa yang memiliki range focal lenght yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Ibaratnya, lensa ini merupakan gabungan beberapa lensa fix dengan focal length yang beragam.

Oleh karena itu, pada lensa ini pasti terdapat keterangan berapa rentang focal lenghtnya. Contohnya, lensa 18-55 mm, f/3,5-5,6. Artinya, lensa tersebut mempunyai rentang focal lenght mulai dari 18 mm hingga 55 mm dengan bukaan maksimum diafragma 3,5 pada focal lenght 18 mm dan 5,6 pada focal lenght 55 mm.

Kelebihan dari lensa jenis ini adalah kepraktisannya. Kita tidak perlu membawa banyak lensa fix dengan berbagai focal length. Kita cukup membawa sebuah lensa zoom dengan rentang focal length tertentu.

Sedangkan untuk kekurangannya adalah lensa ini cenderung lebih soft fokusnya. Terutama untuk lensa yang memiliki rentang focal length yang panjang, misal 18-270 mm.

Selain itu, bukaan diafragma juga tidak selebar lensa fix. Biasanya jenis lensa kamera ini memiliki bukaan diatas f 2,8.

Jenis Lensa Kamera Berdasarkan Ukuran Focal Length

Lensa Kamera Wide Angle

lensa wide

Lensa wide angle merupakan salah satu lensa yang wajib dimiliki oleh fotografer landscape

Jenis lensa ini lazim digunakan oleh fotografer landscape. Lensa ini memiliki cakupan obyek yang cukup luas, tergantung focal length nya.

Klasifikasi focal length berapa yang termasuk ke dalam kategori lensa wide angle juga dipengaruhi oleh ukuran sensor kamera. Sebagai contoh, pada kamera dengan sensor full frame, lensa 24mm akan menghasilkan gambar yang lebar. Namun, jika dipasang pada kamera bersensor APS-C, gambar yang dihasilkan tidak terlalu lebar. Hal ini diebabkan karena adanya crop factor.

baca juga : Artikel Fotografi : Mengenal Fotografi Landscape

Lensa Kamera Tele

macam lensa

Lensa telephoto, sering digunakan oleh fotografer wild life

Jenis lensa tele merupakan lensa kamera yang digunakan untuk membidik obyek jarak jauh. Lensa ini memiliki focal length yang panjang. Oleh karena itu, fotografer dapat membidik obyek di kejauhan tanpa harus mendekati obyek foto.

Lensa tele banyak digunakan dalam berbagai keperluan fotografi. Mulai dari untuk fotografi alam liar, foto model, hingga fotografi olahraga.

Dengan menggunakan lensa ini, fotografer bisa mengambil gambar tanpa disadari oleh obyek yang difoto. Jadi sangat cocok bagi anda yang suka candid fotografi.

Jenis Lensa Kamera Untuk Keperluan Khusus

Lensa jenis ini merupakan jenis lensa kamera yang didesain secara khusus. Dengan desain yang khusus ini, maka lensa ini dapat menghasilkan efek khusus juga. Berikut ini beberapa jenis lensa kamera yang didesain secara khusus.

Jenis Lensa Fish Eye

belajar fotografi

Lensa Fish Eye, saat ini cukup populer dikalangan para fotografer muda

Lensa ini dapat menghasilkan gambar yang unik. Dengan menggunakan lensa ini, kita dapat menghasilkan gambar yang cembung di tengah. Oleh karena itu, lensa ini disebut dengan nama fish eye.

Pada dasarnya, lensa ini merupakan lensa ultra wide. Karena sangat lebar, maka terjadi distorsi lensa yang menjadikan gambar menjadi cembung di tengah. Namun, distorsi yang pada dasarnya merusak gambar ini ternyata memiliki efek yang unik. Oleh karena itu, lensa ini masih diproduksi hingga saat ini.

Jenis Lensa Makro

foto makro

Lensa makro yang digunakan untuk memotret obyek foto yang berukuran kecil

Sesuai dengan namanya, lensa makro digunakan untuk memotret benda / obyek foto yang berukuran kecil. Lensa ini dapat menghasilkan gambar dengan perbandingan 1 : 1 dari obyek yang difoto.

Kekhususan jenis lensa makro terletak pada jarak fokusnya terhadap obyek. Pada umumnya, lensa standar dapat memfokuskan obyek jika jarak lensa dengan obyek setidaknya 30 cm an. Namun, dengan menggunakan lensa makro, jarak tersebut dapat dipotong dengan drastis.

 

Lensa makro dapat digunakan untuk memotret obyek yang berjarak hanya 1-2 cm dari lensa. Oleh karena itu, lensa ini dapat menghasilkan gambar dengan perbandingan 1:1 dengan obyek foto yang kecil.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh lensa ini adalah masalah ketajaman gambar. Lensa makro dikenal memiliki ketajaman yang sangat baik.

baca juga : Artikel : Belajar Fotografi Makro Bagi Pemula

Nah itulah beberapa jenis lensa kamera yang lazim digunakan dalam dunia fotografi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita mengenai dunia fotografi. Terima kasih telah berkunjung di tukangpotogadungan.com. Salam jepret.

sumber gambar : Google

1

No Responses

Write a response