Fotografi Dengan Smartphone / Handphone Hasilnya Juga Bagus Lho

Fotografi dengan smartphone . Salam jumpa lagi di tukangpotogadungan.com teman – teman yang budiman. Semoga kesehatan serta kebahagiaan senantiasa dicurahkan oleh Yang Maha Kuasa kepada teman – teman sekalian. Pada zaman sekarang ini, smartphone bukanlah hal yang mewah. Hampir semua kalangan memiliki benda yang satu ini. Nah bagi teman – teman pecinta fotografi namun tidak memiliki kamera, teman – teman dapat memanfaatkan kamera ponsel untuk berkarya. Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin menulis tentang fotografi dengan smartphone.

Fotografi dengan smartphone tidak kalah bagus dengan kamera digital

Mungkin banyak dari temen – temen yang menganggap bahwa kamera smartphone hanya dapat / layak digunakan untuk dokumentasi pribadi saja karena kualitasnya yang tidak bagus. Hmmm, ayolah teman – teman, kamera smartphone era sekarang ndak seburuk itu. Mas Bei pernah mengikuti workshop fotografi yang diadakan tempat Mas Bei mencari sesuap nasi. Pada saat itu narasumbernya adalah Om Arbain Rambey (seorang fotografer senior Kompas). Beliau mengatakan bahwa kamera smartphone jaman sekarang sudah bagus, bahkan beliau pernah membuat portofolio (kalau tidak salah sebut, hehehehe…) foto – foto yang diabadikan dengan menggunakan kamera smartphone. Pasti temen – temen mengira beliau menggunakan smartphone mahal / high end. Ternyata tidak, beliau menggunakan smartphone brand lokal yang pada saat itu harganya 1-2 juta-an rupiah (sekarang mungkin sudah turun harganya). Dan waoow, hasil jepretannya ajib, ndak ngira saya kalau itu adalah hasil foto dari sebuah smartphone lokal kelas menengah ke bawah. Menurut beliau fotografi dengan smartphone atau dengan kamera apapun itu sama saja di era sekarang ini. Tinggal bagaimana si fotografernya mampu menangkap momen, mencari sudut pengambilan yang pas, dan juga waktu pengambilan gambar yang tepat.
Selain itu, jika teman – teman pernah menonton video dari digital review di yutup, dimana ada salah satu episode dimana seorang fotografer profesional diminta untuk melakukan pemotretan model dengan sebuah smartphone uzur. Dan hasilnya tetap bagus walaupun hanya dieksekusi dengan sebuah kamera smartphone jadul. Disinilah saya mulai yakin bahwa istilah “man behind the gun” itu bukan isapan jempol belaka (hmmm bahasanya…), tapi memang benar adanya.

Smartphone sebagai sarana belajar fotografi

Bagi teman – teman yang ingin belajar fotografi, mungkin bingung memilih kamera apa yang bagus untuk pemula. Sebenarnya, teman – teman bisa memanfaatkan kamera ponsel teman – teman (saya yakin, teman – teman pasti punya ponsel berkamera) sebagai sarana belajar sebelum menggunakan kamera DSLR misalnya. Teman – teman hanya perlu menginstall aplikasi kamera yang dapat membuat smartphone teman  teman memiliki fitur setting manual layaknya kamera digital profesional (pada sebagian smartphone, fitur ini sudah ada pada aplikasi kamera bawaan).
Setelah terbiasa dengan settingan manual, baru deh teman – teman beli kamera idaman teman – teman. Dengan begitu teman – teman tidak akan pusing dengan setting pada kamera baru tersebut.
Selain itu, seperti yang sudah saya utarakan di atas, kualitas kamera pada era ini semakin baik dan juga istilah man behid the gun tersebut. Nah dari situlah saya mulai belajar memaksimalkan penggunaan kamera smartphone. Mengapa? Ya menurut saya sih jika pake gear seadanya aja hasilnya bagus, apalagi pake gear yang memadai, tentunya lebih ajib.
Selain itu smartphone lebih gampang dibawa kemana – mana, enteng hehehe. Oleh karena itu, bagi teman – teman yang suka fotografi, tapi tidak punya kamera digital, jangan berkecil hati, teman – teman bisa menggunakan kamera smartphone untuk berkarya sekaligus belajar.
Lagipula jika foto menggunakan dslr, mirrorless, atau kamera jenis lain menghasilkan gambar yang bagus itu biasa, tapi jika menggunakan smartphone dan hasilnya bagus, pasti mendapat nilai lebih.

Hasil Fotografi Smartphone

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, kualitas hasil foto kamera smarphone sudah sangat bagus. Nah berikut ini beberapa hasil fotografi dengan smartphone saya.
fotografi dengan smartphone
Gambar diambil dengan Acer Liquid E380
fotografi smartphone
Difoto dengan Acer Liquid E380
hasil foto fotografer
Diambil dengan Meizu M2 mini
gambar foto
Hasil jepretan Meizu M2 mini
diambil dengan Meizu M2 Mini

baca juga : Mau Belajar Fotografi? Kenali Dulu Bagian Kamera dan Fungsinya

Oke teman – teman, cukup sekian dulu artikel fotografi dengan smartphone dari Mas Bei. Seperti biasa, kritik, saran, komentar, tambahan, dsb silakan teman – teman curahkan pada kolom komentar. Terima kasih.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *