Puas Menikmati Cantiknya Ribuan Batik di House of Danar Hadi Solo

Puas Menikmati Cantiknya Ribuan Batik di House of Danar Hadi Solo

House of Danar Hadi Solo. Tidak hanya memiliki keindahan budaya Jawa yang mengagumkan, Solo juga dikenal sebagai salah satu pusat batik di kawasan Jawa Tengah. Motif batik Solo berbeda dengan kota lainnya, dengan banyak filosofi yang terkandung di tiap-tiap jenis kain.

Penasaran dengan berbagai motif batik di Solo? Coba deh main ke House of Danar Hadi Solo, yang memiliki lebih dari 10.000 koleksi batik. Tentu saja sepuluh ribu kain ini tidak hanya dari Solo saja, tapi juga dari seluruh Indonesia.

house of danar hadi solo

sumber:wikipedia.org

House of Danar Hadi Solo Masuk MURI

Dengan banyaknya koleksi milik House of Danar Hadi Solo, tempat ini mendapatkan sertifikat pemecahan rekor dari MURI sebagai museum dengan jumlah koleksi batik terbanyak di Indonesia. Sejak diberikan, hingga saat ini belum ada yang mampu mengalahkannya.

batik solo danar hadi

sumber:indonesiakaya.com

Koleksi Batik di House of Danar Hadi Solo dari Jawa Hingga Luar Negeri

Tidak hanya Indonesia, beberapa Negara seperti Belanda juga punya motif batik khas. Motif ini dulunya dibuat oleh orang Belanda yang tinggal di Indonesia dan dibawa pulang ke Negara mereka, lalu menyebar ke dataran Eropa.

Tidak banyak tempat yang memiliki kain batik Belanda, dan House of Danar Hadi menjadi salah satu pemiliknya. Kain-kain itu masih terjaga rapi sampai sekarang, dirawat dan disimpan dengan baik di museum ini.

Koleksi Pribadi Danar Hadi

Seluruh kain batik yang ada di House of Danar Hadi adalah koleksi pribadi pemilik perusahaan batik Danar Hadi, H. Santosa Doellah. Ia juga yang menjadi pemrakarsa dibukanya House of Danar Hadi yang sekarang menjadi salah satu tempat wisata di Solo.

wisata batik

sumber:indonesiaexplorer.com

Dulunya Rumah Keluarga Kerajaan Solo

Bangunan House of Danar Hadi dulunya adalah rumah milik cucu Sri Sahuhunan Pakubuwono IX yang bernama KRMTA Wuryaningrat. Bertahun-tahun lamanya bangunan ini tak terawat, dan akhirnya dibeli oleh Danar Hadi pada tahun 1999.

Hingga saat ini, bangunan yang diberi nama Ndalem Wuryaningratan ini masih terjaga keasliannya. Memang sudah mengalami renovasi, namun tidak mengubah bentuk bangunan dengan sangat ekstrim. Danar Hadi hanya mengubah bangunan yang rusak dan menjadikannya mirip seperti bentuk aslinya.

Melihat Pembuatan Batik Secara Langsung

Tidak hanya bisa melihat koleksi puluhan ribu kain batik dari berbagai zaman dan motif, kamu juga bisa mencari info dan melihat secara langsung proses pembuatan batik di bagian belakang House of Danar Hadi. Di bangunan terpisah, kamu bisa melihat pekerja membuat kain batik tulis dengan cara tradisional dan batik cap yang sudah modern.

batik danar hadi

sumber:pariisatasolo.surakarta.go.id

Toko House of Danar Hadi Solo

Selain memajang koleksi cantik, kamu juga bisa membeli oleh-oleh di toko Danar Hadi yang berada di kompleks House of Danar Hadi. Mau kain batik yang utuh atau yang sudah jadi pakaian, semuanya ada disini.

Harganya tentu berbeda-beda, dengan range paling murah di jenis batik cap. Dan yang paling mahal ada di batik tulis dengan motif tertentu yang dilukis di atas kain sutera.

Baca juga : Menikmati Indahnya Gunung Ijen

Bersantai di Café Soga

Lelah melihat pembuatan batik dan belanja kain, kamu bisa melepaskan penat di Café Soga yang ada di dalam kompleks House of Danar Hadi Solo. Dengan fasilitas yang lengkap ini, tak heran kalau House of Danar Hadi menjadi jujugan wisatawan baik dari Indonesia maupun mancanegara yang ingin melihat dari dekat bagaimana batik dibuat dan apa saja koleksi batik milik negeri ini.

2

No Responses

Write a response