Mau Belajar Fotografi? Kenali Dulu Bagian Kamera dan Fungsinya

Mau Belajar Fotografi? Kenali Dulu Bagian Kamera dan Fungsinya

Mau Belajar Fotografi? Kenali Dulu Bagian Kamera dan Fungsinya. Halo…, salam jumpa lagi di tukangpotogadungan.com. Blog ini berisi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan fotografi. Baik peralatan, teknik, maupun hasil foto.

Tentunya di era digital saat ini, perkembangan teknologi fotografi menjadi semakin pesat. Dengan perkembangan ini, fotografi menjadi semakin mudah untuk dilakukan.

Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak yang berminat untuk belajar fotografi. Na, bagi anda yang ingin mempelajari fotografi, tentunya pengetahuan dasar mengenai kamera wajib anda ketahui.

Hal paling dasar yang perlu diketahui adalah, mengenal bagian kamera beserta fungsinya. Dengan menguasai dasar ini, anda akan lebih mudah saat menginjak materi berikutnya.

Bagi anda yang belum menguasai bagian ini, jangan khawatir. Pada artikel kali ini, tukangpotogadungan.com akan membahas mengenai bagian – bagian kamera dan fungsinya.

Oh iya, di artikel ini Tukang Poto Gadungan akan membahas untuk kamera dengan interchangeable lens atau kamera yang dapat diganti lensanya. Langsung saja, berikut artikelnya.

baca juga : Belajar Fotografi : Mengenal Jenis – jenis kamera dan Fungsinya

Bagian Kamera dan Fungsinya pada Body Sisi Depan

bagian kamera dan fungsinya

Bagian – bagian body kamera sisi depan

Pada sisi depan sebuah kamera, terdapat bagian bagian kamera seperti gambar di atas. Sedangkan untuk nama dan fungsinya adalah sebagai berikut :

  1. Tombol Shutter / Tombol Rana, tombol ini berfungsi untuk mengambil gambar. Jika ditekan setengah, kamera akanmencari fokus.
  2. Tombol DoF Preview, Tombol ini berfungsi untuk mengetahui preview hasil gambar. Saat tombol ini ditekan, maka akan terlihat gambar yang akan disimpan.
  3. Kontak Elektronik. Bagian kamera ini berfungsi sebagai penghubung antara bodi kamera dengan lensa.
  4. Mirror. Perangkat ini berfungsi untuk memantulkan gambar yang akan difoto ke viewfinder.
  5. Mounting Lensa. Bagian ini adalah tempat dipasangnya lensa pada body.
  6. Tombol Pembuka Lensa. Fitur ini berguna untuk kemanan lensa. Untuk dapat melepas lensa yang terpasang pada body, kita harus menekan tombol ini dan memutar lensa hingga lepas dari mountingnya.
  7. Selector Mode Kamera. Berfungsi untuk memilih mode yang digunakan pada kamera. Biasanya terdapat beberapa pilihan mode seperti apperture priority, shutter speed proirity, manual, dan juga auto.
  8. Sensor. Perangkat ini merupakan penangkap gambar yang difokuskan oleh lensa untuk diproses secara digital.
  9. Selector Mode Lensa. Tombol ini berguna untuk mengatur lensa menjadi mode fokus manual atau otomatir.
  10. Rotary Selector / Dial. Sering disebut dengan Main-Dial. Memiliki beberapa fungsi sesuai dengan pengaturan. Dapat berfungsi sebagai tombol untuk mengatur lebar bukaan lensa, shutter speed, dan lainnya

baca juga : Mengenal Macam Macam Teknik Fotografi dan Contohnya

Bagian Kamera dan Fungsinya pada Body Sisi Belakang

bagian kamera

Bagian – bagian body kamera sisi belakang

Sedangkan bagian kamera yang ada pada sisi belakang adalah :

  1. Tombol Play. Bagian ini berfungsi untuk mengakses hasil foto kita.
  2. Menu Button. Berfungsi untuk masuk ke bagian menu yang berisi berbagai pengaturan kamera.
  3. Tombol Zoom Out. Untuk memperkecil tampilan preview gambar baik gambar yang sudah dijepret atau pada tampilan live view.
  4. Zoom In Button. Berfungsi kebalikan dari tombol zoom out.
  5. Tombol Info. Berfungsi untuk mengetahui data pengambilan gambar seperti, ISO, histogram, dan lainnya
  6. Viewfinder. Dikenal juga dengan sebutan jendela bidik. Fungsinya untuk membidik target foto kita.
  7. Hotshoe. Fitur ini berfungsi sebagai tempat flash external. Pada hotshoe terdapat konektor elektronik yang berguna untuk memerintahkan flash untuk menyala sesuai dengan perintah dari body.
  8. Viewfinder Magnifier. Gunanya untuk mengatur fokus pada viewfinder. Sangat berguna bagi yang memiliki masalah mata minus atau plus.
  9. Tombol Auto Exposure Lock. Berfungsi untuk mengunci nilai exposure agar tidak berubah. 
  10. Layar. Sebagi tempat melihat hasil dan juga melihat setting kamrea.
  11. Tombol Hapus. Untuk menghapus file foto yang tidak terpakai.
  12. Navigation Button. Berguna untuk alat navigasi menu, setting, dan preview pada kamera.
  13. Tombol Rekam Video. Merupakan tombol shutter khusus untuk memulai merekam video.
  14. Main-Dial. Memiliki beberapa fungsi sesuai dengan pengaturan. Dapat berfungsi sebagai tombol untuk mengatur lebar bukaan lensa, shutter speed, dan lainnya
  15. Saklar On-Off. Untuk menghidupkan dan mematikan kamera.
  16. Mode Selector. Berfungsi untuk memilih mode yang digunakan pada kamera. Biasanya terdapat beberapa pilihan mode seperti apperture priority, shutter speed proirity, manual, dan juga auto.

bac ajuga : Artikel : Belajar Fotografi Makro Bagi Pemula

Bagian Kamera dan Fungsinya, Lensa Kamera

bagian lensa kamera

Bagian – bagian lensa kamera

Bagian-bagian yang ada pada lensa kamera adalah :

  1. Optik. Merupakan kumpulan lensa dengan spesifikasi tertentu yang berguna untuk mengarahkan gamba agar tepat diterima oleh sensor dengan baik.
  2. Ring Fokus. Berguna untuk melakukan fokusing secara manual.
  3. Pengukur Jarak Fokus. Menginformasikan jarak obyek dari kamera. Dengan informasi ini kita dapat melakukan fokusing manual lebih cepat.
  4. Ring Zoom. Hanya terdapat pada lensa zoom. Berfungsi untuk mengubah focal length pada lensa, sehingga didapatkan perbesaran gambar sesuai dengan keinginan fotografer.
  5. Selector Mode Lensa. Berguna untuk mengatur fokus lensa, apakah dengan fokus manual atau otomatis.
  6. Mounting Lensa. Merupakan dudukan lensa agar dapat dipasang pada body kamera.
  7. Elektronik Kontak. Sebagai interface antara lensa dengan body. Berfungsi sebagai perantara perintah body kepada lensa.

baca juga : Long Exposure / Slow Speed Photography, Seni Merekam Gerakan

Nah, itulah bagian – bagian kamera dan fungsinya.  Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan kita.

Perlu juga diingat bahwa tiap – tiap produsen kamera dan lensa mendesain produknya secara berbeda. Jadi, ada kemungkinan bahwa posisi, bentuk, atau nama bagian – bagian kamera di atas ada pebedaan.

Namun jangan khawatir, setiap kamera pasti dibekali dengan buku panduan. Dalam buku panduan tersebut sudah dijelaskan secara rinci mengenai spesifikasi hingga fungsi bagian – bagian kamera tersebut.

Saya rasa cukup sekian artikel Mau Belajar Fotografi? Kenali Dulu Bagian Kamera dan Fungsinya. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung di tukangpotogadungan.com. Salam jepret.

No Responses

Write a response